Tuesday, March 8, 2016

Cara Mengetahui Gejala Menderita Gagal Ginjal

Cara Mengetahui Gejala Menderita Gagal Ginjal
Semua orang pasti pernah mendengar tentang penyakit gagal ginjal, penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya karna dapat mengakibatkan kematian. Mungkin di sekeliling anda ada yang pernah terkena penyakit tersebut kemudian merekayang terkena maka harus berobat secara rutin dan jika sudah parah maka mereka harus melakukan cuci darah yang memrluka biaya yang mahal.

Mungkin sekarang anda bertanya-tanya apakah saya mempunyai penyakit tersebut atau tidak, tapi pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan sedikit pengetahuan saya beberapa gejala menderita gagal ginjal 

1. Masalah Buang Air
Maslah buang air ini mungkin dapat kita pantau. ketika urin berkurang, maka ini adalah indikasi jelas jika ginjal tidak berfungsi. Tapi di sisi lain jika anda ketika malam hari jarang melakukan buang air kecil, maka besar kemungkinan anda telah terindikasi menderita penyakit ginjal dan hal ini disebabkan karena adanya kerusakan filter pada ginjal.

2. Urin Berdarah
Urin berdarah ini biasanya jika melakukan buang air kecil terasa sakit dan hal ini besar kemungkinan anda terkena infeksi saluran kemih. Sedangkan jika ketika anda buang air kecil dan bercampur dengan darah maka hal tersebut merupakan pertanda ginjal yang sudah tak berfungsi.

3. Urin Berbusa
Jika anda sudah ada tanda-tanda urin sudah berbusa dan berbau tidak sedap maka anda harus berhati-hati karena ini merupakan anda sudah terkena penyakit tersebut dan kami sarankan anda harus berkonsultasi dengan dokter

4. Mata Bengkak
Indikasi ke empat yaitu mata bengkak, jika anda tiba-tiba mengalami mata anda bengkak secara tiba-tiba atau tanpa sebab yang jelas maka anda jangan ragu untuk memriksakannya ke dokter

5. Bengkak Pada Tungkai Kaki
Jika pergelangan kaki membengkak seperti balon, maka sebaiknya anda cepat diperikasa ke dokter. Karena, ketika tungkai kaki yang bengkak merupakan indikasi dari fungsiginjal menurun. Hal ini karena adanya retensi natrium, sehingga menyebabkan pembengkakan pada tungkai kaki.

6. Kram Otot
Jika anda mengalami kram otot sepanjag hari, maka hal itu adalah indikator bahwa fungsi ginjal anda tidak berfungsi. Karna jika anda mengalami kram otot maka itu berarti adanya ketidakseimbangan elektrolit pada tubuh yang merupakan hasil dari kerusakan pada fungsiginjal.

7. Kulit Gatal
Ketikaginjal tidak mampu untuk menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dengan tepat, maka kulit mulai terasa gatal. Jika krim dan obat gatal tidak menghilangkan rasa gatal maka segeralah perikasakan ke dokter.

8. Nafsu Makan Berkurang.
Tanda terakhir yaitu jika kehilangan nafsu makan diikuti dengan mual dan muntah, ini berarti merupakan tanda-tanda yang serius jangan di abaikan. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan racun dalam tubuh  yang pada akhirnya mengarah ke gagal ginjal.

No comments:

Post a Comment