Friday, April 22, 2016

Cara Praktis Membuat Lubang Biopori

Cara Praktis Membuat Lubang Biopori
Masalah yang  kini sering terjadi di sekitar kita yaitu tentang cara bagaimana membuang air secara kondusif dan efektif. Namun pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan cara praktis membuat lubang biopori sehingga anda dapat mengatasi gangguan air yang seringkali terjadi pada musim hujan. Lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah ini memiliki banyak sekali manfaat. Selain dapat meneyerap air hujan dan menjadikannya cadangan air tanah, biopori juga digunakan sebagai tempat pembuatan pupuk kompas dari dedaunan kering dan sampah. 

Dibandingkan sumur biopori, proses pembuatan lubang biopori lebih mudah dan sederhana. untuk membuatnya hanya dibutuhkan pipa paralon berdiameter 3 inci dengan panjang sekitar 80 cm hingga 100 cm. Pipa paralon tersebut kemudaian dimasukan ke dalam tanah yang sudah digali terlebih dahulu dengan kedalaman yang sama dengan panjang pipa.

Selanjutnya , tambahkan campuran semen dan pasir diarea sekitar permukaan pipa paralon agar pipa tidak masuk ke dalam tanah sekaligus memudahkan dalam perawatan. Masukan dedaunan kering dan sampah organik ke dalam lubang paralon. Nantinya, sampah akan diuraikan oleh bakteri dan cacing menjadi kompos. Terakhir, lubangi tutp paralon agar udara dan air bisa masuk. 

Nah teman-teman mungkin hal di atas tadi yang dapat saya sampaikan tentang cara membuat biopori mudah kan ??   Selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment